1. Visi Keilmuwan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Menjadi Program Studi S3 Ilmu Pendidikan yang Islami, Mandiri dan Unggul tahun 2035.
Mengandung pemaknaan sebagai berikut:
a. Islami yaitu menjadikan islam sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan dan tata kelola Program Studi S3 Ilmu Pendidikan secara integratif sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
b. Mandiri yaitu Program Studi S3 Ilmu Pendidikan mengutamakan komitmen kepada kepercayaan diri dengan tetap memanfaatkan peluang positif yang datang dari lingkungan eksternal dengan penuh rasa tanggung jawab dengan mengembangkan etos kerja secara optimal, bagi seluruh sivitas akademika Program Studi S3 Ilmu Pendidikan.
c. Unggul yaitu merujuk pada komitmen untuk mencapai nilai keutamaan layanan optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi lulusan yang memiliki nilai teologis, fisiologis, logis, etis, estetis dan teleologis.
2. Tujuan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
a. Menghasilkan doktor yang berakhlak mulia, kompeten, dan profesional di bidang ilmu pendidikan serta tanggap terhadap masalah di lingkungannya.
b. Mengembangkan dan menyebarluarkan karya ilmiah di bidang ilmu pendidikan yang unggul dan inovatif berorientasi HKI dan Paten.
c. Dapat mengaplikasikan nilai-nilai teologis, fisiologis, logis, etis, estetis, dan teleologis ke dalam bidang ilmu pendidikan secara inovatif untuk
meningkatkan taraf hidup masyarakat.
d. Menghasilkan kinerja program studi yang efisien dan efektif untuk menjamin peningkatan kualitas pelaksanaan tri dharma yang berkelanjutan.
e. Terwujudnya networking dengan berbagai pihak untuk menunjang perkembangan ilmu pendidikan dan kesejahteraan sivitas akademika.
3. Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
Sebagaimana tersebut dimuka bahwa strategi untuk mencapai tujuan pada Sekolah Pasca Sarjana adalah :
a. Meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran berbasis luaran (OBE) yang inovatif dan adaptif melalui kurikulum merdeka belajar kampus merdeka
b. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dosen terkait kinerja tridharma dan publikasi riset
c. Meningkatkan kualitas tata kelola Sekolah Pasca sarjana dan unit kerja dilingkungan universitas
d. Meningkatkan mutu lulusan dan mampu berdaya saing.
e. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang penerapannya memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kaidah teologis, fisiologis, logis etis, estetis dan teleologis dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian keilmuan serta mempublikasikan sebagai wujud perilaku ilmiah.
f. Meningkatkan budaya meneliti yang bermutu dan berkesinambungan khususnya di kalangan dosen.
g. Meningkatkan budaya untuk melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermutu dan berkesinambungan.
h. Meningkatkan tata kelolauniversitas yangbaik (gooduniversity governance).
i. Meningkatkan penataan kelembagaan dan sistem manajemen yang akuntabel.
j. Meningkatkan jumlah dan kualitas infrastruktur pendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi melalui kerja sama kelembagaan
k. Memperluas cakupan pengembangan kualitastridharma PT secara kolaboratif dengan meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga di dalam dan luar negeri.
Berdasarkan hal diatas, maka streategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam Program Studi S3 Ilmu Pendidikan adalah :
a. Fokus pada pengembangan kualitas 8 (delapan) standar pendidikan yang harus dipenuhi Program Studi S3 Ilmu Pendidikan
b. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara terstruktur dengan mekanisme yang diatur oleh peraturan nasional, baik yayasan, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan hingga staf pendukung dalam hal kualifikasi, kompetensi, hard skill dan soft skill dalam bidang akademik dan non akademik sesuai kebutuhan setiap unit kerja.
c. Memotivasi seluruh unsur yang terlibat dengan apresiasi dan penghargaan atas kualitas kinerja secara proporsional dan berdampak berkelanjutan bagi unit kerja
d. Mengoptimalkan dan memberdayakan seluruh aset pendukung kinerja tridharma perguruan tinggi
e. Membuka seluasnya jaringan pendidikan secara kolaboratif dengan institusi lokal, dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka meningkatkan kompetensi civitas academica yaitu dosen dan mahasiswa
Strategi untuk mencapai Visi Keilmuan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan dilakukan dengan upaya sebagai berikut :
a. Program Studi S3 Ilmu Pendidikan berupaya terus menyelenggarakan pendidikan berkualitas, dengan menggunakan mekanisme yang dilaksanakan secara struktural berdasarkan SK yang berkaitan dengan mekanisme penyelenggaraan.
b. Program Studi S3 Ilmu Pendidikan didukung oleh jajaran tenaga pendidik berkompeten dengan terus meningkatan kualifikasi jabatan fungsional, memenuhi kriteria dan profesional pada bidang Ilmu Pendidikan.
c. Setiap awal semester, Program Studi melakukan peninjuan ulang untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam lingkup nasional dan internasional, yaitu :
a) Teknis pembelajaran dilaksanakan fleksibel dengan metode luring dan daring untuk memfasilitasi kendala akses mahasiswa
b) Penyelenggaraan PBM berbasis OBE dengan metode PBL pada lokus berbagai satuan pendidikan lokal melalui kerja sama institusi/ program studi
c) Penyelenggaraan berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan secara kolaboratif dengan menghasilkan produk kerja sama yang terbuka bagi dosen dan mahasiswa secara berkala
d. Program Studi S3 Ilmu Pendidikan senantiasa mengembangkan dan mengupdate kurikulum relevan dan terakhir disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder.
e. Menyusun substansi body of knowledge Ilmu Pendidikan sebagai dasar landasan sekaligus pengembangan ilmu pendidikan.
f. Membangun profesionalisme akademik secara terintegrasi melalui seminar, penugasan, publikasi ilmiah, kunjungan, dan diskusi ilmiah berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi.
g. Menyelenggarakan transparansi layanan dosen dan mahasiswa dalam hal PBM melalui E- Learning system (LITERA).
h. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pihak negeri dan swasta untuk mendukung dan menguatkan pengembangan program studi.