Profil Lulusan

Berdasarkan penelusuran lulusan, sebagian besar lulusan S-3 (Doktor) Ilmu Pendidikan bekerja sesuai dengan bidangnya, yakni menjadi pengawas, Kepala Sekolah, dosen, pimpinan perguruan tinggi,lembaga pendidikan dan pelatihan di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; Departemen Keagamaan; Departemen Kesehatan; Departemen Dalam Negeri; Kemenristekdikti; Kepolisian; Angkatan Bersenjata; Pertamina; Perbankan; partai politik; pemerintah daerah; dan instansi swasta, sejalan dengan tuntutan peningkatan kualifikasi dan kompetensi yang lebih tinggi, dan ada beberapa alumni yang sudah memperoleh jabatan akademik sebagai guru besar.

Keluasan keilmuan yang dikembangkan pada Program Studi S 3 (Doktor) Ilmu Pendidikan dengan berbasis pada pendekatan keilmuan manajemen strategis dan manajemen mutu di bidang pendidikan memungkinkan secara kompetitif untuk bekerja pada instansi di luar kependidikan. Secara professional, lulusan dipersiapkan untuk menjadi Dosen dan pimpinan Pendidikan Tinggi, Manajer, Supervisor, Peneliti dan pengembang pendidikan dan latihan pada tingkat makro, messo, dan mikro.

Secara konseptual hakikatnya Program Studi S.3 (Doktor) Ilmu Pendidikan adalah program pendidikan yang berkonsentrasi manajemen pendidikan pada tataran makro, messo dan mikro yang kesemuanya guna mencetak dosen, peneliti, pengembang, manajer dan supervisor pendidikan dan pelatihan yang kompeten dan professional.

Memperhatikan kebijakan tersebut maka Program studi S.3 (Doktor) Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Uninus menentukan keilmuan struktur bahan kajian sebagai berikut :

1). Ilmu Pendidikan merupakan keilmuan dasar kependidikan dan keguruan sebagai pijakan kompetensi pedagogik, sosial, dan kepribadian untuk profesi Dosen, yang meliputi sub bahan kajian tentang: Kebijakan Pendidikan dan Standarisasi Pendidikan

2). Keilmuan Keahlian Profesi, merupakan keilmuan yang menjadi penciri program studi S.3 Ilmu Pendidikan yang bersifat integratif yang meliputi sub bahan kajian keilmuan berkaitan dengan Manajemen Pendidikan;

3). Keterampilan Kerja Profesi, merupakan keilmuan untuk membekali keterampilan kerja profesi sebagai Dosen, Peneliti, Manajer pendidikan dan latihan, dan Supervisor Pendidikan dan latihan, dengan sub bahan kajian Kembalian Pendidikan.

4). Penelitian, merupakan kajian metodologis untuk mengembangkan profesionalisme sebagai Dosen peneliti, Manajer, dan supervisor pendidikan dan latihan, dengan sub bahan kajian : metodologi dan; Publikasi Ilmiah;

5). Penciri Perguruan Tinggi merupakan kajian khusus ciri khas Perguruan Tinggi dengan sub bahan kajian tentang Pendekatan Sistem Nilai Pendidikan Adapun gambaran peta bahan kajian dan keahlian Program Studi S.3 (Doktor) Ilmu Pendidikan sebagai berikut: